Tips Menggunakan Blackberry

| ,

SEPERTINYA tak memerlukan waktu lama bagi Indonesia untuk mencatatkan diri sebaga negara dengan jumlah pengguna Blackberry terbesar di dunia, mengalahkan AS serta Kanada. Pasalnya, hingga pertengahan 2009 saja, jumlah pengguna "beri hitam" sudah mencapai angka 300.000-400.000 pelanggan. Boleh jadi, akhir tahun nanti angka tersebut bisa menembus hingga sejuta pengguna. Pengguna Blackberry di Indonesia meningkat pesat dalam beberapa bulan terakhir ini. Gejala Blackberry fever atau Blackberry trend nampak jelas di beberapa kota besar Indonesia. Ada yg memang bener membutuhkan fitur-fitur unggulan Blackberry, namun lebih banyak lagi hanya sekadar menjadi korban tren. Untuk bisa menggunakan Blackberry dengan lebih efektif, memang memerlukan kiat-kiat khusus seperti di bawah ini :

1. Cari PIN Blackberry

Setiap Blackberry memiliki rangkaian nomor unik yang disebut PIN. PIN ini adalah bagian dari Blackberry dan tidak dapat diubah, walaupun Anda mengganti-ganti SIM Card. Ketika Anda menerima unit Blackberry yang masih gres, hal pertama yang Anda harus lakukan adalah mencari nomor PIN Blackberry Anda. Caranya, masuk ke ikon option - status, di layar ini Anda akan temui PIN Anda. Umumnya pengguna Blackberry tidak menyadari bahwa setiap kali Anda menerima atau mengirim sesuatu dari atau ke Blackberry Anda, nomor PIN Anda akan digunakan, baik pada saat browsing, menerima, atau menjawab e-mail (pos-el), dan lain sebagainya.

Memang Anda tidak harus tahu, tetapi ada baiknya Anda mengetahuinya juga, demikian juga PIN Blackberry teman Anda. Mengapa? Jika Anda mengetahui PIN, maka kita dapat menggunakan PIN ini di halaman alamat untuk mengirim sesuatu. Pengiriman menggunakan PIN akan memangkas kecepatan proses pengiriman data dari Blackberry Anda ke Blackberry tujuan menjadi jauh lebih cepat. Jika menggunakan alamat pos-el, Anda harus mengirim melewati berbagai server. Saat mengirim menggunakan PIN, kita akan mendapat konfirmasi bahwa data sudah diterima oleh Blackberry tujuan, dengan tanda "D" kecil di sebelah kotak centang. Keuntungan lainnya, komunikasi PIN juga akan sangat berguna, karena tidak bergantung kepada server perusahaan Blackberry, atau server e-mail. Dengan demikian, jika server down, kita dapat terus berkomunikasi, selama Anda saling mengenali PIN lawan.

2. Jalankan wizard setup

Saat pertama kali menyalakan unit Blackberry akan menjalankan setup wizard. Proses ini jangan dianggap sepele, sebab akan sangat berguna untuk menghemat memori. Banyak di antara pengguna yang tidak memedulikan wizard ini karena ingin segera menggunakannya. Hal inilah yang akan membuang-buang memori. Setup wizard ini akan melakukan banyak hal, terutama adalah membuang bahasa yang tidak ingin Anda gunakan dari Blackberry. Unit baru pada umumnya sudah disiapkan dengan banyak bahasa. Setiap bahasa, memakan memori di Blackberry. Jika anda ingin menggunakan 1 bahasa saja, pastikan Anda memilih hal tersebut pada saat setup tadi, dan dengan hal ini, bahasa lain yang ada akan dihapus. Hal ini akan memperbesar memori kosong sehingga anda akan mendapat ruangan lebih untuk berbagai aplikasi dan beberapa pos-el penting.

3. Gunakan kedua jempol

Blackberry didesain untuk diketik dengan menggunakan kedua jempol Anda. Mengetik satu persatu menggunakan telunjuk sama sekali bukan cara yang efektif untuk menggunakan Blackberry. Selain itu, karena desain yang ada tidak mendukungnya, maka kecepatan mengetik Anda akan sangat rendah.

4. Manfaatkan shortcut

Banyak sekali shortcut yang dapat Anda gunakan untuk lebih mempercepat pengetikan di Blackberry Anda. Misalnya, tekan dua kali [spasi] = titik dan 1 spasi, tekan huruf dan tahan, maka huruf tadi akan berubah menjadi kapital. Blackberry akan mengubah semua huruf menjadi kapital setiap kali ada tanda titik di sebelahnya.

5. Sediakan kartu memori

Peranti Blackberry sekarang penuh dengan berbagai fitur multimedia seperti kamera dan video kamera. Blackberry media player dapat memutar berbagai format audio dan video, serta menampilkan gambar. Untuk menampung semua file multimedia kita perlukan kartu memori. Jika memori internal mulai menipis, secara otomatis Blackberry akan menghapus pos-el lama, entri pada kalender, kontak, dan lain-lain sebagai salah satu biang keladi menipisnya memori internal, apalagi jika bukan karena Anda menyimpan berbagai file tadi. Imbasnya unit Blackberry cenderung melambat, dan bahkan bisa sama sekali berhenti bekerja jika memorinya menipis.

6. Manfaatkan Blackberry layaknya USB flash memory

Kartu memori eksternal dapat juga dimanfaatkan seperti layaknya USB Flash yang biasa Anda gunakan untuk menyimpan data secara portabel. Dengan bantuan kabel mini USB ke komputer, Blackberry akan memunculkan pesan "Do you want to turn on Mass Storage Mode?". Jika Anda setuju, maka komputer akan mengenali unit Blackberry Anda sebagai drive baru. Blackberry Anda akan mengambil alih fungsi USB Drive.

7. Unduh serta install Blackberry desktop software

Aplikasi ini sepertinya wajib dimiliki agar Anda dapat leluasa melakukan sinkronisasi antara unit Blackberry dengan komputer. Dengan aplikasi Blackberry desktop software yang terpasang pada Blackberry, kita dapat melakukan proses penyesuaian tanpa meng-install program apa pun ke komputer Anda. Tetapi, jika program ini Anda install dalam komputer yang biasa dipakai sehari-hari dalam bekerja, maka proses pemindahan file dan penyesuaian dengan komputer menjadi kian mudah.

8. Install beberapa aplikasi pendukung

Aplikasi pendukung ini tentunya akan menjadikan Blackberry Anda semakin canggih serta dapat membantu kita untuk mempermudah dalam bekerja. Aplikasi yang wajib dimiliki seperti : Google Maps , Viigo (Pembaca RSS Reader), Vlingo (aplikasi yang akan membuat Anda seakan memiliki sekretaris pribadi), Facebook, Pageonce, WorldMate Live, Games Galore, dan aplikasi lainnya.

Thanks for reading: Tips Menggunakan Blackberry

BACA JUGA / Related Post :



Internet Blogs - BlogCatalog Blog Directory Blog Terbaik