Kiat Memilih Layanan Peranti Blackberry

| ,

BAGI pemula pengguna Blackberry, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan yaitu layanan BIS atau BES, mana yang bakal Anda pilih? Apa sih layanan BIS dan BES itu?

BIS adalah singkatan dari Blackberry Internet Services, layanan ini yang nantinya memberikan akses internet pada peranti Blackberry Anda. Layanan BIS ini seperti layaknya internet service provider alias ISP pada peranti smartphone, setiap saat Blackberry bisa mendapatkan pos-el dan digunakan untuk akses internet melalui BIS ini.

Sedangkan BES adalah singkatan dari Blackberry Enterprise Server. Layanan ini yang dapat memberikan Blackberry akses ke intranet perusahaan. Intranet merupakan jaringan dalam suatu perusahaan yang bersifat pribadi dan internal perusahaan. Selain perbedaan layanan seperti tersebut di atas, kedua jenis layanan ini juga berbeda dalam hal penarifan. Ada salah satu operator yang membebankan tarif Rp 180.000,00/bulan untuk layanan BIS, sedangkan paket BES mereka mamatok tarif Rp 300.000,00/bulan. Padahal kalau kita lebih jeli lagi masih ada paket dari operator lain yang lebih murah dibandingkan harga di atas dengan kualitas layanan yang tidak jauh berbeda.

BIS dan BES

BIS adalah layanan yang umumnya digunakan oleh individu atau small/medium office. Layanan ini sangat mendukung push e-mail untuk keperluan bisnis atau pribadi. Cara kerja BIS, server dijalankan oleh operator seluler, semua yang berasal dari BIS ke handheld (peranti genggam) merupakan data terenkripsi, tetapi dengan tingkat keamanan yang cukup baik. Operator seluler bisa menentukan aplikasi apa saja yang ada pada peranti Blackberry dan bagaimana aplikasi tersebut berkomunikasi dengan internet. Lalu bagaimanakah cara kerjanya layanan BES (Blackberry Enterprise Server)? Pada BES, yang menjalankan server adalah perusahan "pembeli" layanan tersebut, yaitu bagian IT. Nantinya bagian IT perusahaan "pembeli" itulah yang akan mengontrol segala sesuatu di server BES. BES sangat tepat digunakan perusahaan menengah ke atas, skala nasional atau multinasional. Layanan ini sangat powerful sehingga memudahkan user untuk melakukan aktivitas seperti halnya di PC.

BIS memberi layanan hubungan langsung antara Blackberry dan operator di mana semua trafik akses lewat internet. Melihat layanan jenis ini, tidak ada jaminan keamanan atas trafik data yang Anda kirim atau terima. Sisi baiknya, kita tak direpotkan dengan urusan setting gprs, BIS dapat menyediakan layanan internet dan support pos-el yang baik. BES memberikan jaringan langsung koneksi Blackberry dengan server kantor sehingga keamanan data lebih terjamin, lebih fleksibel dan memberikan akses pada perusahaan untuk mengontrol semua sisi pengguna Blackberry pegawainya. Pada paket BIS monitoring ada pada perusahaan pemberi layanan Blackberry dalam hal ini operator, sedangkan pada BES monitoring dilakukan oleh bagian IT perusahaan pembeli layanan dimaksud. Dari sisi perusahaan, keamanannya sangatlah terjaga. Selain itu, bagian IT kantor dapat membatasi akses ke perusahaan, terutama jika ada tindakan yang mencurigakan. Perusahaan kecil atau individu dapat memanfaatkan fitur BIS dengan baik karena memberikan hampir semua yang diinginkan. Sementara itu, BES untuk organisasi yang lebih besar dengan sistem pos-el internal dan infratruktur sendiri.

Thanks for reading: Kiat Memilih Layanan Peranti Blackberry

BACA JUGA / Related Post :



Internet Blogs - BlogCatalog Blog Directory Blog Terbaik