Google resmi keluar dari China

|

Google akhirnya memutuskan untuk menghentikan layanan mereka di China. Pengguna yang mencoba untuk mengakses website Google di China (www.google.cn) akan diarahkan langsung ke Google Hong Kong (www.google.com.hk). Keputusan tersebut diambil setelah Google tidak menemukan kata sepakat mengenai permasalahan yang terjadi selama ini dengan pemerintahan China.

Keputusan Google menghentikan layanan mereka dapat Anda baca langsung di blog resmi mereka. Di blog tersebut, David Drummond, SVP, Corporate Development and Chief Legal Officer Google, memberikan alasan mengapa mereka berhenti.

Pada tanggal 12 Januari 2010, Google mengumumkan kalau mereka dan 20 perusahaan Amerika lainnya mendapatkan serangan cyber yang berasal dari China. Selama penyelidikan tersebut, Google berhasil menemukan bukti kuat. Dari hasil bukti tersebut ditemukan bahwa beberapa akun Gmail milik aktivis China telah diakses oleh pihak ketiga tanpa disetujui pemilik akun tersebut. Kesimpulan tersebut Google dapatkan setelah mereka menemukan phising scam dan malware di komputer korban.

Google juga menyoroti masalah sensor di China. Mereka sudah mulai tidak tahan akan aturan yang ada. Google tetap ingin mempertahankan kebebasan berbicara di website mereka.

Berdasarkan dua alasan itulah Google akhirnya memutuskan untuk menghentikan layanan mereka di China.

Bagaimana dengan respon dari pemerintah China? Dua jam setelah Google memberikan pernyataan resmi, pemerintah China memberikan tanggapannya. Mereka menyatakan kalau Google telah melanggar janji dengan cara menghentikan sensor. Pemerintah China tetap teguh pada pendiriannya. Mereka juga menyatakan kalau setiap perusahaan yang masuk ke China harus mengikuti peraturan yang ada.

Dihentikannya layanan tersebut tidak membuat Google menutup kantor mereka di China. Mereka akan tetap menempatkan tim R&D dan juga mengelola penjualan Google di sana.



Thanks for reading: Google resmi keluar dari China

BACA JUGA / Related Post :



Internet Blogs - BlogCatalog Blog Directory Blog Terbaik