Adroid Membunuh Blackberry

|

Pertarungan Android VS Blackberry
Munculnya BlackBerry di Indonesia sangatlah fenomenal. Semua orang begitu tertarik untuk memiliki smartphone ini, meski waktu pertama muncul harganya relatif tinggi. Tak ayal Blackberry telah menjadi trend dan bahkan status sosial seseorang. Hal ini tentunya sempat menjadi kekhawatiran bagi produsen ponsel lain, sehingga banyak yang meniru model dan aplikasinya (BB wannabe).

Tapi akhir-akhir ini muncul sebuah platform baru di dunia operating system ponsel, dan tak tanggung-tanggung dia adalah jebolan dari perusahaan raksasa internet dunia google inc. Operating  system dengan lambang robot hijau ini bernama Android. Android hadir dengan mengikat kerjasama dengan berbagai produsen ponsel smartpohone, (seperti HTC, Samsung, SonyEricsson, bahkan Nexian) sehingga varian harga yang ditawarkan sangatlah beragam. Semua alasan di atas tentu saja bisa menggilas kepopuleran BlackBerry yang hanya diapasarkan dengan satu brand saja. 


Kelebihan Android dibanding Blackberry dan OS lain
Dibandingkan dengan iPhone dan Blackberry, OS Android masih tergolong sangat baru. Tetapi siapa sangka Android kini sudah mempecundangi kedua pesaing kelas beratnya itu. Di Amerika Serikat, Pengguna Android mencapai 34% dari semua smartphone yang ada. 

Penjualan Android saat ini sedang tumbuh 884% semenjak kuartal kedua tahun ini, sebuah angka statistik yang begitu fantastis. Padahal di kuartal pertama, pengguna Android baru 13% namun di Amerika Serikat sendiri tiap harinya tercatat sejumlah 200.000 pengguna Android baru. Nokia yang merupakan sesepuh smartphone hanya berhasil meningkatkan penjualannya sebesar 41%, dan itu pun sudah termasuk bagus bagi Nokia.

Kelebihan OS Android dibandingkan dengan iPhone dan Blackberry yaitu gratis alias Open Source. Karena itulah, banyak vendor smartphone yang beralih ke Android seperti HTC, Motorola, Samsung, Sony Ericsson, dan LG. Karena sifatnya yang Open Source ini, banyak sekali aplikasi dan game gratis yang dibuat untuk Andoid. Inilah yang membuat Android banyak dipilih bukan hanya oleh masyarakat Amerika Serikat, tetapi juga ke wilayah Asia Pasifik

Robot Hijau Logo Adroid
Tanda-tanda akan suksesnya ponsel Android sudah mulai terlihat, sehingga banyak perusahaan operator selular yakin ponsel Android bisa melebihi BlackBerry. Alasannya, Android bisa menyasar semua lapisan masyarakat karena didukung berbagai varian harga. Sejak masuknya BlackBerry, pada 2008 mulai terlihat masyarakat menyukai ponsel cerdas dengan sistem online 24 jam. Hal ini yang membuat optimistis Android bisa mengalami kesuksesan yang sama, bahkan lebih tinggi. Ini dikarenakan kelebihan android dibandingkan BlackBerry jelas jauh berbeda. Dimana Android unggul dari Blackberry Respon konsumen pada ponsel Android sudah sangat tinggi. Sejak menawarkan preorder pada 22 Februari lalu, Indosat telah melepas 1.000 handset Android dari berbagai merek. Indosat juga berhasil menjual sekitar 2.000 handset saat tour 7 kota. Bahkan banyak pengamat yang memastikan di tahun 2011 nanti, Android siap menenggelamkan Blackberry. Ini sunguh istilah yang sangat tragis bagi Blackberry terkhusus bagi pengguna setia Blackberry.

Disamping keunggulan di atas, untuk saat ini Android mungkin hanya punya satu kekurangan Sistem Operasi Android saat ini karena masih sulit ditemui di pasaran. Secara umum orang Indonesia mudah menerima sesuatu yang baru, jadi saya rasa Android bukan sesuatu hal yang tidak dapat diterima mereka.

Saran saya bagi para pemakai Android atau yang berencana memakai Andoid. Pastikan Anda memaksimalkan penggunaannya! Sangat disayangkan jika smartphone-nya canggih tapi hanya dipakai  sms dan menelpon saja. Pastikan juga kartu operator selular yang Anda mendukung dan menyediakan koneksi internet berkecepatan tinggi, serta dengan harga koneksi yang sesuai rencana. Dikarenakan Android akan selalu terhubung dengan internet setiap saat, sehingga kita dapat dengan leluasa mendownload berbagai aplikasi, game, dll serta mengunakan aplikasi dan game tersebut secara on-line. Maka pasti akan mengganggu kesenangan Anda jika jaringan intenet buruk. Hal yang tak kalah penting bahkan paling penting, gunakanlah kartu selular dengan paket internet unlimited, sehingga berapapun pemakaian data internet untuk Android Anda bayar dengan harga yang sama. Jangan sampai Anda kebobolan pulsa atau pembayaran tagihan handphone!

Source: Pengalaman pribadi, dan data dari berbagai sumber

Thanks for reading: Adroid Membunuh Blackberry

BACA JUGA / Related Post :



Internet Blogs - BlogCatalog Blog Directory Blog Terbaik