"Browser" Alternatif untuk handphone (HP)

| , ,

BERSELANCAR di dunia maya dengan memanfaatkan peranti genggam seperti handphone (HP) maupun smartphone kini kian mudah dan tak lagi jadi monopoli PC. Tentu saja syaratnya harus terpenuhi seperti HP yang digunakan telah mendukung komunikasi data saluran GPRS maupun 3G atau HSDPA. Satu lagi yang tidak boleh absen, peranti lunak untuk menjelajah halaman web yang lazim kita kenal sebagai browser.

Sekarang ada banyak aplikasi berbasis Java, sebut saja Opera Mini. Ucweb, Teashark, dan yang lainnya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang browser alternatif di HP. Biasanya browser bawaan memiliki fitur yang sangat terbatas malah terkesan seadanya. Berikut ini browser yang bisa Anda pilih sebagai alternatif dari browser yang telah ada di HP sebelumnya.

1. Teashark

Aplikasi Teashark browser ini sifatnya masih beta (uji coba) jadi masih banyak dijumpai kekurangannya tetapi secara keseluruhan lumayan nyaman untuk membuka halaman web dengan gaya tampilan mirip di browser versi desktop. Menggunakan kursor tetikus (mouse) untuk navigasi. Juga tersedia modus landscape, RSS feeds serta modus search situs Yahoo serta Google. Untuk mengunduhnya bisa langsung melalui browser Anda yang telah ada di HP dengan mengetikkan http://wap.teashark.com/ atau dengan mengunduh langsung melalui PC dengan mengetikkan http://teashark.com/static/downloads/TeaShark-419.jad. Jika HP Anda tidak mendukung format file .JAD, bisa mengunduh file versi .JAR nya dengan mengikuti link http://teashark.com/static/downloads/TeaShark-419.jar. Lalu file tersebut dipindahkan dari harddisk PC Anda ke HP baik melalui inframerah, kabel data, maupun bluetooth untuk selanjutnya di-install pada HP Anda.

2. Ucweb Browser

Browser ini diperkenalkan pertama kalinya di negeri tirai bambu Cina, dan mendapat sambutan baik dalam waktu yang tidak lama. Sama seperti Opera Mini, browser ini melakukan kompresi file yang terbilang efektif. Sehingga membuka halaman web di HP bukan lagi momok yang menakutkan. Ucweb yang telah mencapai versi 6.3 ini memiliki kelebihan pada tampilan yang menarik serta tanpa settingan awal yang membingungkan.

Kelebihan lain yang dimiliki browser ini adalah kecepatan mengunduh serta menampilkan halaman web yang melebihi Opera Mini. Hal ini bisa dirasakan saat melihat halaman penuh dengan gambar. Bahkan jika dibandingkan dengan Opera saat mengakses situs mobile, bukan web. Demikian juga saat melakukan mengunggah (upload) foto ke situs jejaring sosial. Proses ini berlangsung relatif lebih cepat dibanding menggunakan Opera Mini. Untuk mendapatkan uceweb ini bisa menuju alamat http://www.uc.cn/English/download.shtml. Juga dapat langsung mengunduh via "HP" dengan mengunjungi http://wap.uc.cn/

3. Opera Mini

Opera Mini menawarkan kompresi file yang lebih efektif sehingga saat membuka halaman web akan terasa lebih mudah di layar HP. Opera Mini tersedia untuk HP berbasis Java dan tentunya dapat diunduh langsung dari browser Anda dengan memasukkan link http://m.opera.com. Untuk menampilkan web dengan opera Mini secara optimal, kita diharuskan untuk mengutak-atik sejumlah parameter yang berhubungan dengan tampilan. Misalnya ukuran font, kualitas gambar, efek layar dasar, dan sebagainya.

4. Hanghai browser

Hanghai adalah browser HP dari negeri Cina. Browser ini memiliki 2 versi yang, yaitu versi terbarunya Hanghai v3.61 Java dan Hanghai v3.67 Symbian 3rd. Fitur yang ada pada browser ini yaitu : Mendukung penjelajahan halaman web dan wap dengan multi windows, kompresi halaman serta kemampuan untuk mengunduh file. Sebelumnya aplikasi ini berbahasa Mandarin, namun jangan dulu menyerah, untungnya sudah ada yang menerjemahkannya menjadi bahasa Inggris. Untuk mengunduhnya tinggal mengetikkan http://www.pda4x.com/read.php?tid=97953. Unduh serta install file HangHai_367.sisx, selanjutnya unduh juga file Hanghai3.zip untuk selanjutnya di ekstrak menuju folder system/apps/hanghai3.

5. Bolt Browser

Fitur yang ada adalah kecepatan browser tanpa kompresi halaman, jadi tampak seperti pada komputer, memiliki kemampuan untuk menangani video streaming, menonton video online seperti YouTube di HP, browsing wap dan web. Browser ini masih versi beta, jadi masih ada bug-bug pada browser ini. Browser ini hanya tersedia versi Java. Jika Anda berminat untuk mencobanya dapat diunduh di http://www.boltbrowser.com/download.html. Sebelum mengunduh kita disuruh mengisi dahulu nama serta alamat e-mail.

6. SkyFire

Browser ini hanya tersedia untuk HP berplatform Symbian 3rd dan Windows Mobile. Sama halnya dengan browser Teashark dan Bolt, browser ini juga masih dalam tahap beta, jadi kemungkinan besar masih menemui beberapa bug pada browser ini, tetapi soal kecepatan layak diacungi jempol. Sementara untuk fitur-fitur yang ada pada Skyfire ini seperti : support flash dan javascript, memiliki kemampuan untuk menyimpan gambar, nonton video serta menikmati konten audio online langsung dari browser. Untuk mengunduhnya dengan mengetikkan link di browser Anda yaitu http://get.skyfire.com/pub/releases/current/Skyfire-S60.sis.

7. Fennec

Beberapa saat lalu, Mozilla merilis versi awal dari Fennec. Apa itu Fennec? Browser "turunan" dari Firefox ini ditujukan untuk peranti mobile, seperti MID (mobile internet device), PDA, dan smartphone. Oleh karena itu, Fennec memiliki beberapa fitur yang khusus dikembangkan untuk peranti mobile, terutama yang mendukung layar-sentuh (touchscreen). Fitur -fitur yang ditawarkan Fennec merupakan fitur bawaan dari Firefox, seperti: tabbed browsing dengan thumbnail situs yang sedang dibuka, bookmark manager dengan tag, smart URL bar, popup blocker, password manager, add-on manager, clear private data, serta akses mudah ke berbagai layanan mesin pencari (search engine).

Selain itu, Fennec juga memiliki beberapa fitur khusus untuk peranti mobile, seperti: mode tampilan memanjang ke bawah (portrait) dan melebar ke samping (landscape), pointer mouse untuk peranti yang tidak mendukung layar-sentuh. Untuk browser yang masih tergolong baru, Fennec ternyata sudah memiliki fitur-fitur yang cukup matang. Memang sih teknik rendering yang dimiliki Fennec masih di bawah Opera Mini, dan Safari Mobile yang digunakan pada iPhone. Namun, fitur tabbed browsing dan add-on yang dibawa oleh Fennec tampaknya akan menjadi fitur kunci dalam perang browser mobile di masa yang akan datang. Sementara ini, Fennec baru tersedia untuk peranti berbasis Linux Maemo seperti Nokia N810 dan Windows Mobile 6. File installernya bisa Anda unduh di http://www.softpedia.com/progDownload/Fennec-Download-88425.html.

Selamat mencoba!

Thanks for reading: "Browser" Alternatif untuk handphone (HP)

BACA JUGA / Related Post :



Internet Blogs - BlogCatalog Blog Directory Blog Terbaik