Terbilang dengan huruf di MS EXCEL

|

Pernahkah anda merasakan repotnya menulis huruf terbilang pada kwitansi? Kalau hanya menulis 1 atau 2 kuitansi tentu saja tidak akan membuat dahi anda berkerut. Namun bagaimana jika anda harus membuat 30 kuitansi dengan angka nominal yang tidak cantik sama sekali (wah kayak nomor hape saja). Coba saja terjemahkan ke huruf Rp 79.658.876.495,79. Wah apa gak ada kerjaan yang lebih menyenangkan?

Membuat kuitansi pembayaran adalah pekerjaan saya sehari-hari sebagai staf di bagian keuangan. Mulai dari kuitansi pembelian alat tulis sampai konsumsi rapat. Dan di setiap kwtansi pasti ada terbilang. Dan tentu saja akan meyenangkan sekali jika begitu kita memasukkkan angka langsung muncul terbilangnya tanpa repot menulis satu persatu yang riskan menimbulkan kesalahan. Belum lagi kalau kita merubah nilai nominal kwitansi, kita harus menuliskan terbilangnya lagi. Bukankah lebih menyenangkan kalau semuanya berjalan otomatis?

Langkah-langkah untuk membuat teks terbilang di excel sebagai berikut :
1. Pertama-tama download file terbilang.xla yang merupakan excel add in (klik disini untuk download)
2. Simpan file tersebut pada lokasi yang tidak berubah-ubah, misalnya di C:\WINDOWS
3. Buka program ms.excel dan klik Tools kemudian Add-Ins.
4. Setelah itu akan muncul form baru yang berisi Add-Ins bawaan ms.excel. Nah yang akan kita lakukan sekarang adalah memasukkan terbilang.xla kedalam ms. excel. Klik tombol Browse sehingga akan mucul kotak dialog baru. Arahkan ke lokasi tempat kita menyimpan file terbilang.xla, yaitu di C:\WINDOWS. Setelah itu klik OK.
5. Selanjutnya klik Insert, kemudian pilih Function.
6. Pada dialog Insert Function ubah kolom “or select a category” yang tadinya Most Recently Used menjadi User Defined dengan cara klik tombol scroll di sebelah kanannya.
7. Pilih function Terbilang setelah mucul pilihan Isi, Ratusan dan Terbilang, kemudian klik OK.
8. Arahkan pada cell yang ingin kita terjemahkan menjadi terbilang dengan klik tombol sebelah kanan kolom NNumber. Setelah itu tekan OK atau enter.
9. Sementara ini sudah kelihatan hasilnya, angka Rp 999.999,- sudah diterjemahkan menjadi sembilan ratus sembilan puluh sembilan ribu sembilan ratus sembilan puluh sembilan rupiah.

Demikianlah tips sederhana untuk membuat teks terbilang pada kuitansi. Semoga bermanfaat.

Thanks for reading: Terbilang dengan huruf di MS EXCEL

BACA JUGA / Related Post :



Internet Blogs - BlogCatalog Blog Directory Blog Terbaik