Mito 9000, pemain baru di area PDAphone

|

Sebagai pemain baru di area PDAphone, Mito terbilang sukses mencuri perhatian dengan Mito 9000. Pasalnya ini adalah PDAphone pertama yang mendukung dua SIM card GSM-GSM dan keduanya bisa menyala berbarengan. Saat diperhatikan di pojok kanan atas home screen, kita akan melihat 2 icon sinyal. Nama operatornya akan terpampang pada salah satu item di Today screen. Meski mendukung dual GSM dan keduanya sama-sama aktif, kita tetap bisa memilih untuk mengaktifkan salah satunya saja. Setting ini ada di Standby Mode.

Di balik batere, kita akan dapati 2 slot SIM. Pada unit demo yang kami terima, slot atas dilabeli sebagai slave mode dan dibaca sebagai SIM B, sedangkan yang bawah sebagai master mode dan dibaca sebagai SIM A. Untuk menelpon, Mito menyiapkan satu tombol Call saja. Secara default, tombol ini akan menelepon menggunakan nomor SIM A. Maka, bila ingin bertelepon dengan nomor SIM B, prosedurnya sedikit bertambah. Setelah memencet nomor yang diinginkan, pencet tombol menu kanan (atau ketuk Menu di kanan) dan pilih Dial B-SIM.

Mito 9000 juga langsung menyortir SMS menurut kartu SIM yang terpasang. Kita akan temukan folder A-SIM SMS dan B-SIM SMS. Karena itu pula, balasan SMS akan mengikuti SIM penerimanya secara otomatis. Kami tak menemukan cara untuk membalas SMS SIM A dengan nomor SIM B atau sebaliknya.



Keypad Mito 9000 bersusun 1-2-3-#, 4-5-6-0, 7-8-9-*; mirip seperti yang biasa kami lihat di sejumlah ponsel buatan Cina. Tombol On-off terpisah dari tombol End call; diletakkan di sebelah kanan atas. Agaknya, keberadaan keypad inilah yang membuat penampilan Mito 9000 lebih mirip ponsel biasa. Hanya tombol berlogo Windows yang menandainya sebagai PDA phone berbasis Windows Mobile.



Produk yang dilengkapi dengan layar sentuh ini ditenagai oleh sistem operasi Windows Mobile Professional versi 6. Sampai saat artikel ini diturunkan, belum ada kabar kapan tersedia upgrade ke versi 6.1. Walau demikian, kinerja perangkat ini terbilang oke. Setidaknya, aplikasi yang banyak membutukan sumberdaya grafis masih mengalir dengan mulus.



Dari sisi konektivitas ke dunia maya, Mito 9000 telah dilengkapi dengan koneksi GPRS. Sayangnya perangkat ini tidak dilengkapi dengan WiFi dan koneksi 3G. Meskipun demikian, Mito 9000 telah dilengkapi dengan port GPS. Tentunya, kita harus menambahkan dan memasang receiver tambahan untuk memanfaatkan GPS, selain juga menambahkan peta GPS sendiri.



Untuk menyimpan aneka data video, foto, dan sebagainya, tersedia slot MicroSD. Hanya saja, acara mencabut-pasang kartu memori tersebut akan cukup merepotkan karena slot tersebut diletakkan di dalam casing, bersebelahan dengan slot SIM slave mode. Satu hal yang merepotkan bagi kami adalah port kabel data. Mito 9000 tidak memakai tipe USB mini atau pun USB mikro yang lazim dipakai, melainkan menggunakan tipe khusus seperti yang biasa kami lihat di beberapa ponsel merek tertentu.



Untungnya, untuk konektor audio digunakan jack headset 2.5mm. Ini memungkinkan kita memakai headset alternatif pilihan sendiri. Dan seperti kebanyakan ponsel Cina lainnya, speaker eksternal di casing belakang memperdengarkan suara yang nyaring. Sayangnya, suaranya terdengar pecah saat volume dinaikkan maksimal. Dan repotnya, tidak tersedia tombol volume pada perangkat ini. Jadi kita hanya mengandalkan tombol volume dari Windows.


Jika biasanya piranti dual SIM card hadir dalam bentuk ponsel, Mito mendobrak tatanan itu dengan Mito 9000 ini. Sebagai PDA phone pertama pendukung dual SIM card, kami terkesan dengan penggunaannya yang mudah. Sayangnya, koneksi datanya yang cuma mengandalkan GPRS menjadikannya agak tertinggal di era 3G saat ini. Meski begitu, Mito 9000 adalah pilihan bagus bagi Anda yang ingin koneksi yang fleksibel.

Plus : dual GSM, suara nyaring

Minus: tidak tersedia fitur Wi-Fi/3G, suara pecah pada level maksimal, kabel data khusus

Spesifikasi Mito 9000

Jaringan

GSM(A) : 850/900/1800 Mhz, GSM(B) : 900/1800 Mhz

Layar

2.8 inci, TFT, 240x320 pixel, 262 ribu warna

Sistem operasi

Windows Mobile 6 Professional

Prosesor

ARM920T S3C2440 400MHz

Memori internal

-

Memori tambahan

MicroSD

Dimensi

11,1x5,8x1,6 cm

Bobot

123 gram

Batere

Li-ion 3.7V 1350 mAh

Waktu siaga

rata-rata 2 hari

Waktu bicara

rata-rata 4 jam

Konektivitas antar peranti

Kabel data, Bluetooth

Konektivitas internet

GPRS

Kamera

2MP

Aplikasi Penting

Encryption, External GPS, Contact Backup, Internet Sharing, KJava

Isi paket

charger, batere tambahan, headset, kabel data, MicroSD 1GB, stylus tambahan, screen protector, CD, manual, garansi, pouch.

Situs Web

www.mitomobile.com

Harga kisaran*

Rp. 4.500.000,-


Thanks for reading: Mito 9000, pemain baru di area PDAphone

BACA JUGA / Related Post :



Internet Blogs - BlogCatalog Blog Directory Blog Terbaik