Aztech DSL 605E Router Modem lengkap dan praktis

| ,

Waktu bulan kemarin pasang telkom speedy, cukup dengan membayar biaya pasang di bawah 100 ribu saya mendapat sebuah modem ADSL gratis dan gratis pemakain bulan pertama. Setelah setting sana sini baru saya perhatikan ternyata modem yang saya dapatkan bermerk Aztec. Sebenarnya saya belum begitu familiar dengan merk tersebut, namun beberapa waktu kemudian saya baca pembahasan yang cukup lengkap pada sebuah tabloid yang saya kutip di bawah ini:


Cukup dengan mengakses wisaya (wizard) koneksi internet, mengisi User ID dan password koneksi yang diberi oleh penyedia sambungan internet (ISP-Internet service provider), maka pengguna awam pun dapat terkoneksi ke internet lewat sambungan ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line).

Nama Aztech memang terbilang baru terdengar di pasar perangkat jaringan. Sampai dengan saat ini, sebagian besar produknya berbasis sambungan kabel, salah satunya adalah router modem. Beberapa edisi lampau kami pernah menguji salah satu seri modem router modem Aztech, yaitu DSL605EU. Hasilnya pengujian waktu itu cukup memuaskan karena fungsi firewall bekerja secara maksimal dan mampu menyembunyikan seluruh port komunikasi. Apakah capaian itu mampu ditunjukkan kembali oleh seri DSL 605E dalam pengujian kami kali ini?
Jika dilihat dari segi ukurannya, Aztech DSL 605E tergolong cukup kompak dan ringkas. Dimensinya hanyalah 123 x 113 x 31mm. Namun kami menyayangkan terbatasnya konektor untuk periferal atau komputer lain pada modem ini. Hanya ada satu konektor RJ45 untuk jaringan lokal (LAN-Local area network) sehingga hanya dapat digunakan untuk mengatur konfigurasi router via jaringan lokal. Setelah konfigurasi selesai dan koneksi kabel RJ45 dengan komputer pengatur konfigurasi dicabut, hanya satu komputer klien yang bisa tersambung ke router ini untuk mengakses Internet lewat koneksi kabel RJ45.

Terbatasnya konektor RJ45 juga menyulitkan pengguna jika ingin menghubungkan perangkat ini dengan perangkat lain yang bisa dibagi-pakai, misalnya NAS (Network attached storage) atau printer. Solusinya, pengguna harus menambahkan mini switch atau hub yang memiliki lebih banyak konektor RJ45.

Aztech DSL 605E menyertakan fitur-fitur tambahan yang dapat digunakan untuk mengamankan dan mengelola jaringan. Beberapa fitur yang kami nilai cukup penting adalah Port Forwarding dan DMZ (Demilitarized Zone). Kedua fitur ini akan mengizinkan orang lain mengakses server dalam jaringan lokal lewat nomor IP publik dan nomor port yang digunakan oleh layanan (service), Selain itu juga terdapat fitur Web Access Control untuk mengakses antarmuka administrasi router secara remote, serta IP Filter untuk membatasi dan menyaring konten atau alamat situs Web yang dilarang.

Setelah mengamati keragaman fitur tambahan untuk mengamankan dan mengelola jaringan, segera kami lakukan pengujian terhadap kinerja firewall dalam router Aztech DSL 605E yang bertugas mengamankan port-port komunikasi. Kami memanfaatkan bantuan fasilitas uji Shield Up dari situs uji terpercaya www.grc.com milik Gibson Research Center. Hasilnya cukup memuaskan, seluruh port komunikasi berada dalam status tersembunyi (Stealth). Artinya, port-port komunikasi tersebut tidak dapat dilihat oleh orang lain di Internet.

Kesimpulan: Aztech DSL 605E menyajikan metoda koneksi ke Internet yang cukup mudah bagi pengguna awam. Firewall dalam router ini cukup ampuh melindungi pengguna rumahan yang tidak terlalu paham akan keamanan port komunikasi. Namun keterbatasan konektor jaringan mengharuskan pengguna menambah investasi guna membeli mini switch atau hub jika ingin membagi-pakai koneksi Internet ke lebih dari satu komputer.

Plus : Kinerja firewall maksimal sehingga cukup aman; bentuk ringkas; prosedur dan mekanisme koneksi ke Internet mudah.

Minus: Konektor jaringan (LAN) hanya sebuah; tidak ada fungsi wireless network.

Spesifikasi Aztech DSL 605E Router Modem

Standar

ADSL

Konektor

1 konektor RJ-11 untuk WAN (internet), 1 konektor RJ45 untuk LAN.

Mode operasi

Modem router.

Kecepatan transfer data

25 Mbps.

Fitur

l DHCP server.

l Port Forwarding & DMZ (Demilitarized Zone).

l Firmware upgrade.

l IP Filter.

l Web Access Control.

l MAC address filter.

Dimensi

123 X 113 X 31mm.

Bobot

172 gram.

Kelengkapan

l Power adapter AC/DC 9 Volt, 0,56 Ampere.

l CD & buku user manual.

l Kabel RJ 45.

l Kabel RJ 11.

l Spliter koneksi kabel telepon dan internet.

Garansi

1 tahun (hanya untuk modem/router, tidak termasuk adapter power dan spliter).

Situs web

www.prolink2u.com

Kisaran harga

USD 27.


Skor Penilaian

Fitur : 3,75

Kemudahan : 4,25

Kinerja : 4

Harga : 4,25

Skor total : 4,025

Sumber : Tabloid PC plus

Thanks for reading: Aztech DSL 605E Router Modem lengkap dan praktis

BACA JUGA / Related Post :



Internet Blogs - BlogCatalog Blog Directory Blog Terbaik