Kalah Saing dengan Wikipedia, Microsoft Kuburkan Encarta

| ,

Encarta, ensiklopedia multimedia digital milik Microsoft akan segera tutup usia. Pasalnya, ensiklopedia yang didirikan di tahun 1993 ini tak mampu lagi beradu kekuatan dengan sang jawara, Wikipedia.


Menurut data yang detikINET kutip dari NYTimes, Selasa (31/3/2009),
Wikipedia, meski baru lahir pada 2001 telah mampu menarik pengunjung ensiklopedi online di Amerika sebanyak 97%. Encarta sendiri harus puas hanya dengan peminat sebesar 1,27% saja.

Hingga Juni nanti, semua software yang ada di pasar akan disapu bersih. Untuk versi onlinenya sendiri akan ditutup di akhir Oktober, kecuali untuk di Jepang yang baru diakhiri pada akhir Desember 2009.

Walaupun Encarta memiliki keunggulan di segi grafik yang menarik dan suara, namun sepertinya para pencari masih lebih memihak pada Wikipedia. Mereka lebih mementingkan update informasi yang diberikan. Embel-embel lainnyapun seakan-akan dianggap tidak terlalu penting.

Update informasi di Wikipedia tidak lepas dari terbukanya kemungkinan bagi
siapapun untuk bisa mengedit konten di dalamnya dengan mudah. Inilah yang tidak bisa dipenuhi oleh Encarta, sehingga informasi yang disediakan cenderung basi.

sumber: www.detikinet.com

Thanks for reading: Kalah Saing dengan Wikipedia, Microsoft Kuburkan Encarta

BACA JUGA / Related Post :



Internet Blogs - BlogCatalog Blog Directory Blog Terbaik